KEGIATAN POLDA LAMPUNG DALAM SELAMA THN 2020,DAN DIRANGKUM DALAM KALEDIOSKOP POLDA LAMPUNG


 

Lampung Gazette - Sejumlah peristiwa di Provinsi Lampung menjadi sorotan publik lokal dan nasional selama tahun 2020. Mulai dari aksi simpatik warga Sekincau di Lampung Barat yang menuai apresiasi hingga penemuan bunker teroris Jamaah Islamiyah di Lampung Timur. Berikut sejumlah peristiwa menarik di Provinsi Lampung yang menjadi catatan selama tahun 2020.

1. Aksi simpatik warga bantu pemakaman pasien Covid-19

Warga Pekon (dusun) Srigaluh, Lampung Barat bergotong-royong membantu mempersiapkan pemakaman bagi warganya yang meninggal dengan status positif covid 19.

Pasien positif 10 berinisial SY (71) itu meninggal dunia di Ruang Isolasi RS Abdul Moeloek pada Sabtu (4/4/2020) sekitar pukul 00.00 WIB.

Satu liang lahat telah disiapkan di TPU Srigaluh, Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat.

Aksi warga setempat ini menarik simpati warganet lantaran di sejumlah daerah banyak terjadi penolakan atas pemakaman pasien Covid-19.

Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus membenarkan, warga setempat sudah mempersiapkan liang lahat bagi almarhum.

"Alhamdulillah tidak ada penolakan dari masyarakat. Warga sudah teredukasi dengan baik. Insya Allah," kata Parosil.

2. Kasus prostitusi artis VS

Kasus prostitusi yang melibatkan artis berinisial VS menghebohkan warga Lampung dan nasional pada 28 Juni 2020 malam.

VS diamankan di dalam kamar sebuah hotel bintang empat di bilangan Telukbetung Selatan.

Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung, Kompol Resky Maulana mengatakan, dalam pengungkapan itu pihaknya mengamankan tiga orang. Ketiganya yakni satu orang perempuan berinisial VS, dan dua orang laki-laki berinisial I dan M.

Dalam pengembangan kasus, satu orang muncikari lain juga ditangkap, yakni B, warga Bekasi.

Terungkapnya praktik prostitusi daring yang menyeret artis berinisial VS ini adalah kali kedua kasus serupa terungkap di Lampung.

3. Syekh Ali Jaber ditusuk saat isi kajian agama

Ulama Syekh Ali Jaber ditusuk seorang pemuda saat mengisi kajian agama di Bandar Lampung.

Akibat penusukan itu, Syekh Ali Jaber mengalami luka di bahu kanan.

Penusukan itu terjadi saat Syekh Ali Jaber mengisi kajian saat wisuda Tahfidz Alquran di Masjid Falahudin di Jalan Tamin, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Minggu (13/9/2020) sore.

Pemuda berinisial AA itu terlihat masuk komplek masjid saat Syekh Ali Jaber sedang wawancara dengan dua orang jemaah di atas panggung.

Pemuda tersebut terlihat langsung berlari ke atas panggung dan menusukkan sebilah pisau ke arah perut sang ulama. Beruntung, Syekh Ali Jaber berhasil mengelak dan hanya tertusuk lengan kanannya.

4. Penemuan bungker teroris Jamaah Islamiyah

Penangkapan buronan kasus terorisme Jamaah Islamiyah, Taufik Bulaga alias Upik Lawanga mengungkap sebuah bungker di kediaman tersangka.

Divisi Humas Mabes Polri dan Polda Lampung meninjau bungker di rumah yang berada di Kampung Sri Bawono, Way Seputih, Lampung Timur.

Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan, bunker itu digunakan untuk merakit dan menguji senjata api rakitan.

"Di dalam bunker ada genangan air yang digunakan untuk menyamarkan suara saat pengujian senjata api," kata Ahmad, Sabtu (19/12/2020).

Selain itu, tersangka Upik juga memelihara bebek untuk menyamarkan suara saat merakit senjata api.(*vpn)

Komentar

Statistik Pengunjung

Sponsor

3M | Masak, Makan, Maknyus! | DISINI Tempatnya..